5 Calon Pengganti Lorenzo di Yamaha

Pebalap MotoGP 2016 | Int

Pebalap MotoGP 2016 | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Jorge Lorenzo resmi meninngalkan Yamaha. Pengumuman kepindahan pebalap asal Spanyol itu diumumkan langsung Ducati dan Yamaha, Senin (18/4/2016).

Di Ducati, juara dunia tahun lalu itu dikontrak selama dua tahun untuk musim 2017 dan 2018. Kabarnya, Lorenzo mendapat gaji sebesar 25 juta euro atau sekira Rp372 miliar.

Lorenzo nampaknya akan betah di Ducati, bukan saja karena bayaran, tapi juga karena seorang yang pernah bekerja sama dengannya ada di tim pabrikan asal Italia itu. Dia adalah Gigi Dall’Igna, bos Ducati Corse yang pernah bekerja sama dengannya di kelas 250cc.

Kepindahan Lorenzo tersebut ke Ducati, sekaligus membuat Yamaha memiliki pekerjaan baru. Tim Garpu Tala harus mencari calon pengganti juara dunia MotoGP 2015 tersebut.

Meski belum ada kepastian, namun sejumlah nama pebalap sudah ramai diisukan akan menjadi pendamping Rossi. Saat ini ada lima kandidat yang diembuskan media. Siapa saja mereka?

1. Jack Miller (LCR Honda)
Jack Miller masuk ke jajaran pebalap fenomenal. Bagaimana tidak, pemuda asal Australia ini langsung naik kelas ke MotoGP setelah menempati posisi kedua ajang Moto2 2014. Pada musim perdananya di MotoGP, Miller pun tak begitu mengecewakan. Dia mampu meraup 17 poin dalam 18 kali balapan.

Kabar yang tersiar menyebutkan Yamaha mulai memberikan perhatian lebih kepada pebalap berusia 21 tahun ini. Namun, peluang Miller bergabung dengan Yamaha pada musim depan terbilang kecil.

2. Dani Pedrosa (Repsol Honda)
Nasib Dani Pedrosa bersama Repsol Honda juga menjadi tanda tanya. Honda dikabarkan mulai habis kesabaran lantaran pemilik nomor 26 itu tak kunjung memberikan prestasi.

Peluang The Little Spaniard juga terbuka jika dikaitkan dengan komentar petinggi Yamaha, Lin Jarvis, beberapa waktu lalu. Ketika itu, Jarvis mengaku ada kemungkinan Yamaha merekrut pebalap papan atas yang tak terikat kontrak dengan siapapun pada musim depan.

3. Pol Espargaro (Monster Tech 3 Yamaha)
Tim Principal Yamaha, Lin Jarvis, menyebut sudah mempersiapkan rencana cadangan jika Jorge Lorenzo benar pergi. Satu di antaranya adalah mempromosikan pebalap dari tim satelit.

Di tim satelit Yamaha, Monster Tech 3 saat ini hanya ada dua nama, yaitu Pol Espargaro dan Bradley Smith. Namun, nama terakhir tak bisa lagi jadi kandidat karena sudah menjalin kerja sama dengan tim baru MotoGP, KTM.

Tinggal Espargaro yang tersedia. Jika melihat performa pebalap asal Spanyol itu, tak salah jika tim Garpu Tala menduetkannya dengan Rossi.

4. Andrea Iannone (Ducati)
Jika Lorenzo ke Ducati, itu artinya salah satu dari duo Andrea saat ini bakal dilepas Ducati. Movistar Yamaha sendiri sudah lama dikaitkan dengan Andrea Iannone. Bahkan, tim Garpu Tala sebenarnya sudah mencoba menduetkan Iannone dengan Rossi pada musim 2016 ini, namun gagal.

Musim depan, Yamaha diyakini bakal menjalankan misinya menduetkan Valentino Rossi dengan Iannone. Kebetulan, kontrak Iannone dengan Ducati akan habis selepas musim 2016 berakhir.

5. Maverick Vinales (Suzuki Ecstar)
Maverick Vinales menjadi kandidat kuat pengganti Jorge Lorenzo. Tim principal Yamaha, Lin Jarvis, secara terang-terangan berminat dengan pebalap Suzuki Ecstar tersebut.

Dari sekian banyak nama, Vinales dianggap paling menarik. Meski masih muda, yaitu 21 tahun, pebalap asal Spanyol ini sudah punya pengalaman selama dua musim di MotoGP bersama tim pabrikan.

“Maverick jelas menarik, terutama karena dia punya pengalaman selama dua tahun di tim pabrikan dan itu sangat membantu,” kata Jarvis seperti dikutip Speedweek, 10 Maret 2016.

Namun Yamaha tak sendiri dalam mengejar jasa Vinales. Selain Suzuki yang ingin mempertahankannya, Ducati dan Honda ternyata juga menaruh minat kepada Rookie of The Year MotoGP 2015 tersebut.

(*/Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *