Hasil Analisis Yamaha Soal Motor Rossi

Valentino Rossi | Int

Valentino Rossi | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Yamaha mulai menganalisa penyebab mengepulnya motor Valentino Rossi pada GP Mugello. Kerusakan mesin tersebut dialami Rossi saat balapan tersisa 15 lap.

Dari hasil analisis awal, kerusakan mesin yang juga sempat dirasakan pebalap Yamaha lainnya, Jorge Lorenzo, diakibatkan oleh putaran mesin yang terlalu tinggi. Penyebab yang paling mungkin lainnya adalah undulation atau ayunan bergelombang yang terjadi di lintasan lurus utama Sirkuit Mugello.

Pada trek lurus bergelombang Mugello, ban belakang berputar sekira 380 km/jam di udara namun tanpa daya cengkeram, sehingga meningkatkan putaran mesin per menitnya atau biasa disebut RPM (revs per minute).

“Hal itu, ditambah dengan perangkat elektronik tahun ini yang kurang canggih dan kurang presisi, kemungkinan berpengaruh pada terputusnya nyala mesin (ignition cut-off),” terang seorang sumber dari Yamaha seperti diberitakan Motorsport.

Kendati demikian, tim garpu tala sendiri tidak mau terburu-buru mengambil kesimpulan. Mereka memilih bersikap hati-hati.

Sementara itu, Rossi awalnya menduga bahwa satu komponen yang dipakai dalam mesin dia dan Lorenzo hari itu mungkin produk cacat, namun teori tersebut tidak terlalu kuat seiring berjalannya waktu.

“Anda harus selalu ingat bahwa Valentino melaju di belakang Jorge sepanjang waktu, dan itu artinya dia tidak mendapat udara yang bersih untuk mendinginkan mesin,” kata kru Yamaha tersebut.

“Juga, melaju di dalam slipstream (ruang udara di belakang pembalap lain) membuat motor Rossi mencapai kecepatan yang belum pernah diraihnya sepanjang akhir pekan itu.”

(*/Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *