Facebook Bikin Tunanetra Bisa ‘Melihat’ Gambar

images (46)

Kantor Facebook | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Visi CEO Facebook Mark Zuckerberg membuat media sosial ciptaannya bisa diakses semua orang terwujud. Teknologi baru bagian dari artificial inteligent (AI) membuat Tuna Netra bisa ‘melihat’ gambar yang diposting di Facebook.

Seperti diberitakan Huffington Post, Selasa (5/4/2016), Facebook merilis fitur baru bernama automatic alternative text (AAT). Fitur ini akan mendeskripsikan gambar dan foto di Facebook bagi pengguna tunanetra.

2ae3eec2-6898-4725-a7c7-a4f5f5dc0004_169

Foto: Mashable

Seperti pada gambar pemandangan diatas, fitur akan mengenali gambar tersebut dan menggambarkan foto tersebut seperti, “Foto ini memperlihatkan gambar dua orang di alam terbuka, tersenyum lebar, mengenakan kacamata, latar pemandangan gunung dan langit biru.”

Nama Matt King, engineer Facebook yang tunanetra, menjadi bagian penting dalam kehadiran fitur ini. Dia menjadi salah satu anggota timaccessibility di Facebook yang memperjuangkan hak akses bagi mereka yang tidak bisa melihat.

Sekadar diketahui King kini mewakili Facebook di konsorsium World Wide Web, yang memberikan solusi bagi masalah spesifikasi teknis agar web bisa diakses semua orang termasuk tunanetra.

“Kita butuh solusi untuk mereka yang tidak bisa melihat foto dan memahaminya, sehingga mereka bisa menjadi bagian dari komunitas, menikmati layanan Facebook dengan pengalaman yang sama dengan yang bisa melihat,” kata King.

(*/Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *