UMI Melawan ‘Lupa’ April Makassar Berdarah (Amarah)

april+berdarah

Mahasiswa memperingati Amarah | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Peringatan April Makassar Berdarah (Amarah) diselenggarakan oleh mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Walaupun proses perkuliahan dilibur selama dua hari yaitu tanggal 23-24 April 2016, namun kegiatan ini tetap terlaksana di depan UMI. Mereka melakukan teatrikal, unjuk rasa, dan orasi di depan dan jalan sekitar kampus.

Amarah yang jatuh pada 24 April 1996 merupakan  suatu peristiwa tragis menimpa para pahlawan reformasi,  tepatnya teman-teman mahasiswa di kampus Hijau, UMI.

Penyerangan terhadap mahasiswa di kampus UMI telah dilakukan secara beringas oleh dwitunggal TNI-Polri, kala itu. Penyerangan ini berbuntut hilangnya nyawa 3 mahasiswa UMI yang sampai sekarang belum diketahui pasti apa penyebab kematian dan siapa pelakunya.

Amarah dinilai telah mengukir torehan daftar merah sejarah peradaban kontroversi antara aparat dan mahasiswa. Apalagi terukir ada tiga mahasiswa yang menjadi tumbal peristiwa itu. Mereka adalah Tasrif Daming, Andi Sultan Iskandar dan Syaiful Biya.

Mursihin  | Citizen journalism


Kirim naskah seputar organisasi dan info kejadian menarik lainnya, ke redaksi@liputanlima.com disertai dengan nama penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.