Terjadi Hari Ini: Demonstrasi Terbesar Sepanjang Masa

Bendera Turki (ist)

Makassar, LiputanLIMA.com – 15 Februari 2003 silam, protes dan demonstrasi global terhadap Perang Irak terjadi di 600 kota di dunia. Sekitar 10.000.000-15.000.000 orang berpartisipasi, membuatnya menjadi demonstrasi terbesar sepanjang masa.

Aksi ini dilakukan untuk memprotes perang Irak menjelang peringatan empat tahun invasi Amerika Serikat. Kala itu, demonstrasi terbesar terjadi di Spanyol, yang diikuti sekitar 400.000 orang di Madrid untuk memprotes intervensi AS di Irak pada 2003.

Demonstrasi di ibukota Spanyol itu menyusul sejumlah aksi serupa di AS dan seluruh Eropa, mulai dari Turki hingga Denmark.

Kala itu, demontran melambai-lambaikan poster yang mengecam Presiden AS, George W Bush dan mantan Perdana spanyol, Jose Maria Aznar atas “kejahatan perang” dan meminta kepada presiden As dan Aznar serta Perdana Menteri Inggris Tony Blair agar meminta maaf atas penderitaan rakyat Irak.

Rosa Regas, kepala Perpustakaan Umum Kota Madrid mengatakan perang itu telah menyebabkan Irak “kehilangan jati dirinya” dan menyebut konflik itu menandai “kegagalan besar kedua AS dalam sejarahnya” setelah Perang Vietnam.

Media Spanyol mengatakan sekitar 1500 orang berkumpul di Barcelona, sementara ratusan lainnya unjuk rasa di beberapa kota termasuk Sevilla dan Granada.

Di Turki, sekitar 6000 orang melakukan demonstrasi di Istanbul dengan meneriakkan: “Enyahlah AS” dan “Hentikan pendudukan”.

Unjuk rasa juga terjadi di kota Athena dan Salonika, Yunani dengan ratusan demonstran meneriakkan “Hentikan pendudukan AS di Irak”.

Di Denmark, ratusan demonstran menentang keterlibatan pemerintah Denmark dalam perang Irak. Mereka menyanyi, berpidato, dan membawa gitar di luar Kedubes AS di Kopenhagen.

Denmark mengirim pasukan ke Irak pada Agustus 2003. Sebagian besar ditempatkan di selatan Kota Basra di bawah komando tentara Inggris.

Di Nicosia, sekitar 300 demonstran menuju Kedutaan Besar AS bersama sejumlah politikus sayap kiri Eropa dan menggelar konferensi di Kota Cypriot. AS menyerang Irak pada 20 Maret 2003.
(Berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.