Mendeteksi Kanker Lewat Air Ludah

e58a9da3-041f-425f-9f68-b9e131e4c857_169

Sumber: health.detik.com

Makassar, LiputanLIMA.com – Peneliti dari University of California, Los Angles (UCLA), Professor David Wong memakai liur untuk mendeteksi kanker secara dini.

Tes tersebut tidak memakan waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya. Cukup 10 menit lalu hasilnya pun akan akurat dan hemat biaya.

Profesor David Wong selaku kepala Centre for Oral, Head and Neck Oncology Research mengatakan bila uji klinis telah selesai maka proses diagnosa dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Lewat sampel air liur pasien, peneliti telah berhasil menemukan penanda biologis (biomarker) untuk kanker paru-paru. Profesor Wong mengatakan nantinya diharapkan tes dapat dipakai untuk jenis kanker-kanker lainnya.

“Praktik yang ada saat ini adalah Anda harus menggunakan bronkoskopi, mengambil jaringan untuk biopsi, dan ini jelas invasif. Beberapa pasien mungkin terlalu rapuh untuk menjalaninya,” kata Profesor Wong seperti dikutip dari health.detik.com, Rabu (17/2/2016).

Rencananya uji klinis tersebut akan dilakukan tahun 2016 ini di wilayah Eropa dan Asia.

Jika hal tersebut bisa terwujud, itu artinya dunia akan mendapat senjata baru yang lebih baik untuk melawan penyakit kanker (*/Anhy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.