Yuk Kenali Lima Gender di Sulsel

calabai

Calabai, salah satu jenis gender di Sulsel

Makassar, LiputanLIMA.com- Masyarakat Sulawesi Selatan merupakan masyarakat plural yang memiliki ragam etnik yakni Bugis, Makassar, Massenrengpulu, dan Tanah Toraja.

Sebelum munculnya agama Kristen dan Islam di Sulsel, masyarakatnya telah mengenal lima jenis kelamin yang masing-masing memiliki posisi yang penting di masyarakat.

Kelima jenis kelamin tersebut adalah:

  1. Bura’ne artinya pria atau laki-laki, biasanya jenis kelamin ini dituntut untuk maskulin dan mampu menjalin hubungan dengan perempuan.
  2. Makkunrai, artinya perempuan. Bisaya kerap kali dituntut untuk feminin, jatuh cinta dan siap menikah dengan laki-laki.
  3. Calalai, sebagai gender ketiga adalah perempuan yang berpenampilan layaknya laki-laki. Calalai bisa juga disebut sebagai perempuan maskulin atau tomboy.
  4. Calabai, merupakan jenis kelamin kelima, adalah laki-laki yang berpenampilan layaknya perempuan. Menurut Bugis, Calalai adalah waita palsu.
  5. Bissu adalah gender kelima, berbeda dengan keempat gender sebelumnya. Dia tidak masuk laki-laki maupun perempuan. Bissu adalah kelompok orang mistik. Di dalam suku Bugis, mereka memiliki posisi yag penting, dikutip dari berbagai sumber.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.