Ditemukan Makam Muslim Tertua di Prancis

foto-arkeolog-temukan-pemakaman-muslim-tertua-di-eropa

Tiga makam yang diyakini sebagai pemakaman Muslim tertua di Eropa. Makam tersebut berasal dari abad ke VII. Pemakaman Muslim lainnya yang juga ditemukan di Perancis terletak di Marseimulle, dan berasal dari abad ke-13. Satu makam lain dari abad ke-12 ditemukan di kota Montpellier.

Perancis, LiputanLIMA.com – Di wilayah Selatan Prancis, Nimes telah ditemukan tiga makam yang diyakini sebagai pemakaman Muslim tertua di Eropa. Makam tersebut berasal dari abad ke VII.

Pemakaman Muslim lainnya yang juga ditemukan di Perancis terletak di Marseimulle, dan berasal dari abad ke-13. Satu makam lain dari abad ke-12 ditemukan di kota Montpellier.

Alasan makam tersebut sebagai makam muslim adalah, bahwa kerangka pekuburan tersebut menghadap ke arah Mekkah.

Sejumlah kerangka di pemakaman Nimes adalah kerangka suku Berber yang bergabung di kekhalifahan pada masa ekspansi Arab di Afrika Utara, pasukan Muslim yang menaklukkan Eropa pada masa itu.

Selain itu, mereka juga keturunan Afrika Utara, pada abad ke tujuh hingga kesembilan abad ke tujuh hingga ke sembilan.

Penemuan ini menambah dimensi baru tentang dunia pada masa itu. Selama ini, sumber informasi tentang masa itu hanya terbatas dari buku dan minim data arkeologis.

“Kami tahu bahwa orang Muslim datang ke Perancis pada abad ke delapan. Namun, hingga kini, kami tidak memiliki bukti material soal kedatangan mereka,” kata Yves Gleize, atropolog Perancis yang juga penulis utama studi ini.

Salah satu kerangka diketahui berusia 20-an tahun saat dimakamkan, sementara yang lain berusia 30-an tahun dan yang tertua berusia 50-an tahun. Menurut kondisi tulang, ketiganya meninggal bukan karena luka dalam peperangan, dikutip dari nationalgeographic.co.id.

 

(*/Suryani Musi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.