Nurdin Halid di Enrekang, Dari Main Catur Sampai Panen Bawang

Enrekang, LiputanLIMA.com- Ketua DPD Golkar Sulsel, Nurdin Halid (NH) melakukan safari politik ke beberapa daerah di Sulsel. NH memulai lawatan di Kabupaten Enrekang. Sejumlah agenda dilakukan di Bumi Massenrempulu.

Namun yang paling menyedot perhatian warga adalah kunjungan mantan Ketua PSSI ke Pasar Sudu dan Agrobisnis di Kabupaten Enrekang. NH melihat langsung kondisi pasar dan proses transaksi jual beli masyarakat terjadi.

“Pasar-pasar tradisional seperti ini harus dipertahankan. Selain sebagai wadah untuk menopang ekonomi masyarakat kecil juga berfungsi sebagai interaksi sosio-kultural masyarakat. Ada ikatan selain transaksi jual beli antara penjual dan pembeli saja. Disini hadir kebersamaan antar masyarakat.”kata NH ditengah warga.

Menariknya, di sela-sela kunjungannya, NH diajak bermain catur oleh salah seorang masyarakat. Sontak, Duel dadakan ini menjadi perhatian para pengunjung Pasar Sudu.

Agenda selanjutnya yang bersentuhan dengan masyarakat umum adalah kunjungan NH di Kelurahan Kalosi Kecamatan Lalla Kabupaten Enrekang pada jum’at (31/03/2017) kemarin. Di tempat itu, Ketua Harian DPP Golkar didaulat oleh warga untuk memanen bawang oleh masyarakat setempat.

“Sebagaimana visi Gerakan Membangun (Gerbang) Kampung yang dicanangkan untuk Sulsel Baru adalah memajukan wilayah pedesaan untuk mewujudkan kemandirian kampung. Saya melihat, hasil tanam bawang di Kelurahan Kalosi ini cukup baik. Kualitasnya tak kalah dengan bawang yang ada di pasaran. Jika dikembangkan maka ekonomi masyarakat tentu akan menjadi lebih baik. Salah satu upaya untuk menjaga kualitas hasil tanam adalah memamfaatkan rekayasa teknologi pertanian. Selain menjamin mutu panen, juga bisa meningkatkan kuantitas hasil panen.”kata Nurdin.

Nurdin menambahkan bahwa dirinya berkeinginan Sulawesi Selatan memulai kembali kebangkitannya dari kampung-kampung sebagai bagian utuh dari Sulawesi Selatan. Bukan hanya dari hasil laut, tapi juga dari hasil pertanian.

Nurdin Halid di jadwalkan akan berada di Enrekang selama empat hari dan selanjutnya akan melanjutkan perjalanan ke Kab. Sidrap dan Pinrang, Bulukumba, Sinjai dan Bone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.