Tenang, Dingin, Penuh Kejutan. Apa Selanjutnya, RMS..??

Sidrap, LiputanLIMA.com- Siapa sangka H.Rusdi Masse (RMS) Bupati Kabupaten Sidenreng Rappang kini menjadi salah satu kekuatan politik di Sulawesi Selatan. Padahal, selama delapan tahun terakhir, Rusdi yang kerap disapa RMS lebih banyak berdiam diri di kampung halamannya. Tak banyak hiruk pikuk sorotan media menyasarnya.

Akan tetapi, dalam tempo yang sangat singkat, Hanya sekitar 6 bulan RMS menjelma menjadi satu kekuatan politik di daerah ini. Selama ini RMS lebih memilih diam. Termasuk ketika dirinya hendak menjadi Ketua DPW Partai NasDem Sulsel. “Tunggu nanti kejutan ku. Akan ada itu kalian lihat,” ujar RMS kepada awak media pada medio April 2016 silam.

Sejak saat itu, tak banyak yang mempercayai kejutan ala RMS tersebut. Barulah Ramadhan 2016, isu tentang dirinya akan menjabat sebagai Ketua DPW Partai NasDem berhembus kencang. Pro kontra pun bermunculan. Tapi tak banyak pula yang percayai. Lagi lagi, RMS hanya memilih diam. Tak ada gelagat atau pun komentar yang keluar dari mulut nya tentang gosip politik saat itu. Kejutan perdana pun akhirnya terkuak. Dua pekan sebelum Agustus 2016, RMS mulai muncul dan menampakkan seolah olah bahwa benar ia adalah Ketua DPW Partai Nasdem. Ke mana mana ia memakai kostum berwarna biru, ciri khas Partai Nasdem. Masyarakat dan pengamat akhirnya percaya, ketika persiapan Pelantikan dirinya nya telah mulai berlangsung. “Nanti Kan masyarakat juga tau ji. Jadi kita tidak usah banyak bicara”,kata RMS saat itu.

Kejutan selanjutnya adalah saat penyusunan pengurus Partai NasDem Sulsel. Di sini RMS bergerak diam diam lalu sukses memasukan sejumlah pejabat di daerah ini untuk menjadi pengurus NasDem. Tercatat pejabat yang bergabung di Nasdem, Walikota Palopo, bupati Barru, Bupati Bulukumba, Wakil Walikota Parepare, Wakil Bupati Enrekang, Wakil Bupati Luwu Timur, Bupati Tana Toraja. Sederet tokoh lainnya juga bergabung seperti Tenri Yasien Limpo, Luthfi Halide, Zain Katoe (alm) dan sederet nama lainnya.

“Pergerakan NasDem  dalam kepemimpinan RMS memang kelihatan massif. Tapi hasilnya lebih inovatif”, ujar Pengamat Politik Firdaus Muhammad. Rentetan kejutan ala RMS terus nampak. Di balik diamnya, RMS terus memperlihatkan kejutan demi kejutan.

Salah satu kejutan selanjutnya adalah saat RMS menjatuhkan pilihan NasDem untuk memilih Syamsari Kitta diusung sebagai penantang incumbent Bupati Takalar. Tak ada yang menyangka gerakan RMS yang massif tersebut membawa NasDem ke Syamsari, di mana pada saat itu hampir seluruh partai merekomendasikan Burhanuddin – Nasir Ibrahim alias Nojeng sebagai usungan mereka. “Kita tidak boleh menyuruh masyarakat memilih kotak kosong. Rusak demokrasi itu. Jangan kita pertontonkan seperti itu”,ungkap RMS pada saat ditanyai kenapa lebih memilih Syamsari Kitta. Namun kemudian, RMS kembali sukses di Takalar menumbangkan paket ‘raksasa’ Bur-Nojeng lewat Pilkada 15 Februari 2017 yang kini masih berproses di MK.

RMS selama ini memang lebih banyak diam. Pelit mengeluarkan komentar. Tapi sesekali ia mengeluarkan gebrakan. Salah satu gebrakannya yang baru saja ia sukseskan adalah ketika melakukan show force pelantikan Garnita dan Garda DPW Partai NasDem Sulsel. Ia membuat banyak orang terperangah lewat show force nya. Salah satu yang membuat masyarakat terkesima lantaran RMS menggelar parade kendaraan mewah saat  menjemput Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Kendaraan jenis Limousione, Caddilac, Hummer dan Jeep menjadi tontonan warga pada saat proses pelantikan pengurus Garda dan Garnita NasDem.

“Ini Rusdi atau RMS, susah mengungkapkan tentang dirinya. Tak ada kata-kata yang bisa menggambarkan sosok kehebatannya. Malah saya menyebut aneh ini orang. Atas kesuksesan semua acara yang digelar kemarin, saya memberi apresiasi. Sulsel ini selalu jadi rujukan. Banyak hal baru dari sini” puji Surya Paloh di hadapan Gubernur Sulsel SYL.

Kini masyarakat kembali menanti kejutan kejutan ala RMS. Termasuk menunggu pernyataannya apakah bersedia maju sebagai Calon Gubernur Sulsel mendatang atau tidak. Meski dorongan dari berbagai kelompok masyarakat terus memaksa RMS untuk maju. Termasuk relawan muda RMS yang telah terbentuk di 24 Kabupaten menyusul RMS Community yang bergerak secara massif pula. “Keberhasilan RMS besarkan NasDem, menaikkan bargaining partai serta keberhasilan di pemerintahan akan menjadi alasan bagi NasDem untuk mendorongnya maju di Pilgub mendatang”ulas Firdaus Muhammad.

Lalu kejutan apa lagi yang akan RMS tunjukkan? Masyarakat nampaknya masih harus menunggunya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.