Hasil ‘Perundingan’ Pendamping IYL: Empat Figur Sepakati Survei

JAKARTA, LiputanLIMA.com- Musyawarah penentuan pasangan ala Ichsan Yasin Limpo (IYL) menyepakati menunda menetapkan satu nama. Pasalnya, empat bakal calon wakil gubernur meminta dilakukan survei terlebih dahulu.

Berdasarkan hasil pertemuan tertutup empat figur bakal cawagub, yakni Andi Mudzakkar, Rusdi Masse, Mathius Salempang, serta Datu Luwu Andi Maradang, merekomendasikan ke Ichsan menguji kembali beberapa figur, terutama mengukur kekuatan Andi Mudzakkar melalui survei kuantitatif.

“Hasil pertemuan kami berempat, memutuskan agar dilakukan survei kuantitatif,” kata Mathius Salempang yang memimpin pertemuan tersebut saat menyampaikan hasil pertemuan terbatasnya ke Ichsan dan sejumlah pimpinan parpol di salah satu resto di Jakarta, Rabu (07/06/17).

Sesuai kesepakatan, penentuan pasangan IYL akan dilakukan setelah Lebaran Idul Fitri tahun ini, atau pasca-lembaga survei kredibel melakukan survei kuantitatifnya, terutama di Luwu Raya dan Tana Toraja.

Meski dalam pertemuan itu, nama Cakka dan RMS disebut-sebut menguat. Namun di musyawarah yang berlangsung akrab dan cair itu, juga berkomitmen untuk menerima apapun yang diputuskan nantinya.

Survei kualitatif dilakukan terutama mengukur plus-minus Cakka di Luwu, serta Tana Toraja. Mengingat, ada potensi suara Cakka beririsan dengan Aziz Qahhar Mudzakkar yang maju mendampingi NH.

Untuk itu, di survei kuantitatif nantinya akan melihat sejauh mana pengaruh Cakka di Tana Luwu jika Aziz juga maju. Begitu juga penerimaan masyarakat di Tana Toraja yang selama ini menjadi basis Ichsan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.