NA Diminta Ganti TBL, Akbar Faizal Dinilai Layak

MAKASSAR, LiputanLIMA.com– Meski Bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (NA) memenangi beberapa survei, namun beberapa pengamat menilai itu bukan jaminan memenangi Pilgub Sulsel. Bahkan, ada yang menilai jika Bupati Bantaeng tersebut terancam menjadi penonton jika saja tetap mempertahankan Tanribali Lamo sebagai wakilnya.

Hal tersebut diutarakan Pengamat Politik Unismuh Makassar, Luhur Andi Priyanto. “Pilihannya adalah apakah masih bertahan dengan berpasangan TBL atau bersedia cukup menjadi 02 saja, ataukah tidak maju sama sekali, saya kira pilihannya itu,” kata  Luhur. TBL dinilai tidak memberikan efek elektoral kepada NA dan justeru menjadi penghambat bagi para elit parpol menjatuhkan pilihannya kepada paket tersebut.

Sementara itu, lembaga Indikator Politik Indonesia Korwil Sulawesi, Maluku dan Papua, M Riswadi Atto Taroempoe mengatakan jika NA ingin bertarung dengan kandidat yang ada saat ini setidaknya harus melepaskan TBL.

“NA kalau mau bersaing dengan kandidat lain harus memilih wakil yang tepat dan bisa mendongkrak elektabilitasnya,” kata Atto sapaan akrab M Riswadi Atto Taroempoe, Selasa (13/6/2017).

Atto mengatakan salah satu pasangan yang tepat untuk mendampingi NA yakni Anggota DPR RI Fraksi NasDem, Akbar Faizal (AF).

“Secara geopolitik paket NA AF kalau berpasangan itu akan menjadi paket yg ideal dan luar biasa dan Saya kira paket ini bisa menyaingi paket Ichsan Yasin Limpo, Agus Arifin Nu’mang atau Nurdin Halid,” ujar Atto.

Lebih jauh, Atto memetakan bahwa NA adalah representatif dari wilayah selatan sementara AF mewakili wilayah utara atau tengah.

Selain itu, perpaduan keduanya dianggap tepat karena NA adalah birokrat dan akademisi sementara AF adalah politisi.

Sebagai politisi nasional, AF dinilai punya akses dan ruang komunikasi ke elit partai di Jakarta. Faktor ini, menurut Atto, yang bisa memudahkan NA memperoleh dukungan dari para elit parpol.

“Namun yang paling penting, baik NA maupun AF sama-sama punya track record yang bagus dan cukup bersih dimata publik, keduanya punya popularitas yang tidak perlu diragukan lagi,” tegas Atto.

Atto menjelaskan lebih jauh, jika saja paket NA AF bisa terwujud maka pasangan ini akan memiliki kekuatan besar dan bisa menjadi alternatif pilihan dari kandidat yang sudah ada sebelumnya

Keduanya kata Atto tidak bisa dipungkiri punya magnet dan basis pemilih tersendiri yang bisa saling melengkapi.

“Tanpa meremehkan pasangan lain, kalau NA bisa berpasangn dengan AF maka itu akan menjadi lawan yang berat dan kuat bagi kompetitor lainnya,” ungkap Atto.(*)

2 Comments

Razin arkan

Lebih baik NA berpasangan dgn RMS, sama2 bupati yg berprestasi dan mampu membawa kabupatennya bertumbuh pesat

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.