Soal Jumlah Pemilih, KPU Gowa Luruskan Data KPU Sulsel

Sukman Yunus (baju merah) ketika menggelar sosialisasi Pemilu di Gowa

MAKASSAR, LiputanLIMA.com-
Menanggapi beredarnya jumlah pemilih kabupaten Gowa pada Pemilihan Gubernur Sulsel 2018 mendatang, pihak KPUD Gowa melakukan serangkaian pertemuan dengan unsur media, Selasa (18/7/2017).

Upaya ini dilakukan KPU Gowa untuk meluruskan jumlah pemilih yang dilansir KPU Sulsel dan diberitakan sejumlah media.

“Kami merasa harus melakukan pelurusan informasi yang beredar, khususnya soal jumlah pemilih pilgub. Sejak berita itu beredar, tidak sedikit tudingan yang kami terima,”kata Sukman Yunus, komisioner KPU Gowa.

Sukman menegaskan bahwa saat ini tahapan daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pilgub Sulsel belum ada. “Bagaimana bisa muncul data DPS, sementara tahapan pendataan pemilih baru dijadwalkan Desember sampai Januari 2018 di tingkat daerah,”katanya.

Dijelaskan juga secara detail bahwa KPU Gowa hanya bisa mengestimasi pertambahan pemilih Gowa di Pilgub Sulsel 2018 nanti mengalami pertambahan sekitar 5 persen dari data DPT dan DPTB Pilkada Gowa 2015 lalu.

Untuk diketahui, pada Pilkada Gowa 2015 lalu, DPT berjumlah 544.795 jiwa dan DPTB 590 jiwa. Total pemilih Gowa di Pilkada 2015 berjumlah 545.385 jiwa.
“Kami menyandarkan ke regulasi. Kami asumsikan pertambahan 5% dari pemilu terakhir. Maka kami estimasikan jumlah pemilih di Gowa untuk Pilgub berjumlah 572.654 pemilih,”urai Sukman.

Ketika ditanya perihal jumlah 654.462 pemilih di Gowa yang terlanjur tersebar di publik, Sukman menegaskan bahwa itu adalah angka yang keliru dan tidak berdasar. “Silahkan tanyakan kepada siapa yang keluarkan data itu,”pungkas alumni Fakultas Adab IAIN Alauddin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.