Tingkatkan Kompetensi Jurnalis, AJI Bakal Gelar UKJ di Makassar

MAKASSAR, LiputanLIMA.com– Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar akan menggelar Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ), 21-22 Juli 2017 di Makassar.
AJI Makassar yang menggandeng Kedutaan Australia di UKJ kali ini akan diikuti 32 orang jurnalis dari berbagai platfom media sudah siap jadi peserta.

Ketua AJI Indonesia Suwarjono mengatakan, program UKJ ini dilaksanakan agar anggota AJI memenuhi standar kompetensi jurnalis dan meningkatkan profesionalisme. “UKJ diharapkan agar para jurnalis bisa meningkatkan kompetensi dan profesionalisme,”kata Suwarjono, Rabu (19/7/2017).

Senada, Ketua AJI Makassar Qodriansyah Agam Sofyan mengatakan, workhsop ini bisa juga diikuti oleh jurnalis lain yang tidak sempat ikut dalam UKJ. “Meski terbatas, namun kita tetap menerima peserta lain yang ingin ikut dalam workshop tersebut,” kata Agam.

Agam menjelaskan bahwa untuk UKJ, akan dilakukan pengujian pada tiga tingkatan. Muda, madya dan utama. “Peserta terbanyak dari kategori muda dan paling minim dari tingkatan utama. Mereka akan mengikuti semua proses pengujian hingga akhirnya dinyatakan berkompeten dan diberi sertifikat Dewan Pers.”jelasnya.

Untuk diketahui, Kongres AJI di Makassar pada Desember 2011 memasukkan UKJ sebagai salah satu program nasional sebagai salah satu cara strategis untuk meningkatkan profesionalisme dan independensi jurnalis di Indonesia beserta penegakan kode etik.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.