Siapa Andi Baso yang Kritik NA ? Alumni Jepang: Tak Pernah Dengar, Mungkin TKI

MAKASSAR, LiputanLIMA.com- Sosok Andi Baso Jalangkara baru saja memantik kontroversial. Tokoh masyarakat Bantaeng tersebut menilai Nurdin Abdullah gagal memimpin kabupaten berjuluk Butta Toa.
Sepupu NA ini justru kecewa dengan kepemimpinan teman kuliahnya itu di Jepang.

Bagi Karaeng Saso, sapaan akrab Andi Baso, ia merasa malu terhadap masyarakat, karena dia salah satu yang membawa NA ke Bantaeng.

“Saya termasuk orang yang banyak berdosa, karena saya salah satu yang ikut menyampaikan berbagai gagasan NA saat itu. Tapi faktanya, banyak yang tidak ditepati,” kata Karaeng Saso.

Salah seorang alumni Kyushu University, Hendra Pachri mengaku kaget setelah membaca pernyataan Andi Baso tersebut. Menurutnya, sosok Nurdin Abdullah yang dikenalnya selama ini, jauh dari apa yang digambarkan Andi Baso. “Saya ingin sampaikan bahwa saya kuliah satu universitas dengan Pak Prof NA, Kyushu University, Jepang. Jika soal pengembangan pendidikan, Pak Prof tidak banyak pertimbangan. Mungkin soal komunikasi saja,”kata Hendra, Sabtu (30/9/2017).
Lantas, apakah dirinya mengenal Andi Baso selama kuliah di Jepang ?. Hendra mengaku baru kali ini mendengar nama Andi Baso. “Selama Di Fukuoka, Saya tidak pernah mendengar nama Andi Baso sebagai alumni Kyushu University. Saya telah bertemu alumni Kyushu university semasa Pak Prof kuliah, hanya Sekitar 5 orang dari Makassar. Mereka berlima ini tidak pernah menyampaikan nama itu. Mungkin Pak Andi Baso sebagai Kensusei, TKI di Jepang. Atau beliau tinggal di luar Fukuoka,”tambahnya.

Walaupun Andi Baso bukan mahasiswa Indonesia di Fukuoka, menurut Hendra, kalau pernah Tinggal di Fukuoka, maka Pak Prof beserta lima orang lainnya pasti pernah bercerita atau berbagi pengalaman tentang Andi Baso.
“Terus terang, Pak NA sangat senang dan bersemangat berbagi cerita apa saja jika beliau ada di Fukuoka semasa saya kuliah Di Kyushu University. Kecuali Andi Baso kuliah di universitas lain atau tinggal di luar Fukuoka, yah.”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.