Seleksi PPK Aneh, Panwas Takalar ‘Seret’ KPUD ke DKPP

TAKALAR, LiputanLIMA.com- Panitia Pengawas Pemilukada (Panwaslu) kabupaten Takalar resmi melaporkan KPU Takalar ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Langkah ini diambil Panwaslu karena menilai ada kejanggalan dalam proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selain ke DKPP, Panwaslu setempat juga meneruskan laporan ke Bawaslu Sulsel.

Laporan Panwaslu Takalar ke Bawaslu Sulsel terkait pelanggaran administrasi dan kode etik penyenggara pemilu pada perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Pelanggaran yang dilakukan oleh KPU Takalar yaitu adanya peserta yang dinyatakan lolos pada tahap tes tertulis padahal peserta tersebut tidak hadir ketika ujian sedang berlangsung.

Kemudian pelanggaran administrasi yaitu sehubungan dengan pengumuman calon anggota PPK yang lolos pada tahap tes tertulis diumumkan dua kali.

Laporan tersebut berdasarkan surat pemberitahuan temuan dengan nomor temuan 001/TM/PILGUB/PANWASLU-TAKALAR/X/2017 tanggal 30 Oktober 2017.

Ketua Panwaslu Takalar, Ibrahim Salim menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pemanggilan kepada KPU untuk mengklarifikasi persoalan ini.

“Kita sudah lalukan pemanggilan terhadap anggota KPU sebanyak dua kali untuk mengklarifikasi permasalahan tersebut. Tetapi tidak ditanggapi jadi kita teruskan laporannya ke Bawaslu,” Jelas Ketua Panwaslu Takalar Ibrahim Salim, Selasa (31/10/2017).

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Takalar Jusalim Sammak menjelaskan bahwa kesalahan yanh dimaksud Panwas adalah murni kesalahan teknis penginputan oleh operator.
Terkait calon anggota PPK yang lolos namun tidak ikut ujian, Jusalim Sammak berdalih jika itu merupakan kesalahan operator yang menginput data.

“Ada kesalahan input oleh operator saat mau diumumkan tapi berita acara putusan pleno sudah benar. Sekitar 5 menit setelah upload di laman KPU baru saya cek ulang dan ternyata salah input dan langsung diperbaiki operator kemudian diralat pengumuman,” tambahnya.

Jusalim menambahkan bahwa pihaknya tidak ada niat sama sekali untuk mengabaikan panggilan Panwaslu. Namun pada saat pemanggilan, KPU Takalar sedang disibukkan dengan seleksi wawancara bagi para calon PPK.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.