5 Langkah Mudah Mengembalikan Kilau Perhiasan

Makassar, LiputanLIMA.com – Terkadang kita memiliki perhiasan yang sudah kelihatan kusam. Bisa jadi karena faktor usia atau disebabkan cara pemakaian yang terlalu lama di tempat terbuka. Tapi tenang saja, ada sejumlah cara untuk mengembalikan penampilannya seperti saat pertamakali dibeli.

Berikut cara mudah mengembalikan kilau perhiasan kita.

1. Teteskan beberapa tetes sabun cuci piring cair ke dalam mangkuk berisi air hangat. Campur dengan pelan. Meskipun air keran biasa akan bekerja dengan baik, untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat menggunakan air soda bebas sodium. Karbonasi dalam air ini dapat membantu melonggarkan akumulasi debu dan kotoran.

Jangan gunakan air panas atau air mendidih, terutama jika perhiasan Anda berisi batu mulia yang rapuh. Beberapa batu mulia, seperti opal, bisa retak jika mengalami perubahan suhu yang cepat dan drastis.

2. Rendam perhiasan emas dalam larutan yang sudah Anda buat. Diamkan perhiasan di dalam larutan selama sekitar 15 menit. Selama terendam, air sabun yang hangat akan bekerja melalui celah-celah dan lekukan dan melonggarkan akumulasi kotoran yang sulit dijangkau.

3. Dengan lembut gosok perhiasan dengan sikat gigi berbulu lembut. Gosok setiap bagian dari perhiasan secara individual sambil memberikan perhatian khusus pada sudut dan celah di mana kotoran mungkin tersembunyi. Gunakan sikat yang sangat lembut – makin lembut makin baik. Bulu sikat yang kaku dapat menggores permukaan perhiasan Anda. Jika perhiasan Anda adalah perhiasan yang dilapisi emas (bukan emas seluruhnya), bulu yang sangat kaku bahkan dapat menghilangkan lapisan emas seluruhnya!

Sikat khusus yang dirancang untuk ini adalah yang paling baik, tetapi sikat yang paling kecil dan lembut (seperti misalnya, sikat alis) juga bisa bekerja dengan baik.

4. Bilas masing-masing perhiasan dalam air hangat. Pembilasan yang baik akan membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran yang telah dilonggarkan oleh proses penyikatan. Sekali lagi, pastikan air tidak panas, terutama jika perhiasan Anda berisi batu perhiasan rapuh.

5. Serap kering dengan kain lembut. Setelah itu biarkan perhiasan pada handuk agar kering sepenuhnya oleh udara sebelum memakainya lagi. Jika perhiasan Anda masih basah, memakainya dapat memerangkap kelembaban yang menempel pada kulit Anda dan ini bisa menyebabkan iritasi kulit ringan.
Selamat Mencoba!. (eky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.