5 Fakta Unik Tahun Baru Imlek

imlek 2016

Sumber gambar: Redaksicepat.com

LiputanLIMA.com-Gong Xi Fa Cai,  kata ini akan sangat lebih familiar pada saat menjelang Februari. Mengingat bahwa etnis Tionghoa tersebar hampir di seluruh dunia, maka kemeriahan perayaan tahun baru China menjadi sebuah perayaan yang akan dilakukan di setiap negara di dunia, termasuk Indonesia.

Namun apakah kalian tahu ada hal-hal unik perihal tahun baru Imlek? Simak 5 fakta unik tahun baru Imlek yang dikutip liputanlima.com dari berbagai sumber, Senin (8/2/16).

1. Dilarang Shampoan

Saat tahun baru China ada larangan untuk memakai shampoo atau keramas. Dalam pemahaman tradisi Tionghoa, shampoan di tahun baru akan membuatmu kehilangan keberuntungan.

2. Uang angpao tidak boleh ada angka 4 dan nilainya harus ganjil

Nah kalau berbicara tahun baru China, angpao adalah hal yang paling ditunggu. Tapi tahukah kamu kalau kalau ternyata uang yang dimasukkan ke dalam amplop berwarna merah tersebut tidak boleh sembarangan. Uang yang dimasukkan ke dalam amplop tidak boleh mengandung angka 4, karena dalam bahasa Mandarin angka 4 berarti kematian. Selain itu jumlah uang dalam angpao pun tidak boleh ganjil karena angka ganjil identik dengan pemakaman.

3. Tidak boleh bersedih dan menangis

Imlek atau tahun baru China merupakan perawalan kehidupan yang baru. Bagi masyarakat Tionghoa, tahun baru harus dirayakan dengan suka cita sehingga pada awal tahun baru tidak diperbolehkan menangis ataupun bersedih. Sebab, jika bersedih di awal tahun maka itu artinya orang tersebut akan mengalami kesedihan sepanjang tahun.

4. Identik dengan warna merah

Bagi masyarakat China warna merah memberikan makna tersendiri seperti antusiasme, semangat dan keberuntungan. Itulah mengapa warna merah adalah hal yang tidak pernah dilewatkan dalam setiap perayaan tahun baru Imlek.

5. Barongsai

Mengapa ada barongsai di setiap perayaan Imlek? Barongsai tidak hanya berfungsi sebagai hiburan saja lho, ternyata barongsai memiliki makna yang mendalam untuk mengusir makhluk jahat dan berbagai hal negatif.

Itulah fakta seputar tahun baru China semoga bermanfaat (Rifka/Anhy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.