Bangun Tidur Tubuh Terasa Kaku? Ini Penyebabnya

images (30)

Ilustrasi (int)

Jakarta, LiputanLIMA.com – Anda pernah merasakan tubuh terasa kaku saat bangun tidur? Penasaran kenapa hal tersebut bisa terjadi? Menurut sejumlah pakar, hal tersebut besar kemungkinan karena tidur miring hanya di satu sisi.

Kemungkinan tersebut diungkapkan dr Susetyo Soewarno SpKO dari RS Jakarta. Dia mengatakan bahwa jika seseorang memiliki kebiasaan tidur dengan satu sisi, maka ada kemungkinan ia terbangun dengan tubuh kaku. Hal ini terjadi karena adanya penggunaan otot berlebihan di salah satu sisi tubuh.

“Misalnya tidur miring di satu sisi saja, otot di sisi tersebut akan dipakai terus menerus. Akibatnya otot akan mengalami spasme yang menyebabkan badan terasa kaku,” tutur dr Tyo, di RS Jakarta, Jl Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2016), seperti dikutip dari laman detik.com

Spasme yang terjadi membuat otot mengerut. Akibatnya, otot tidak memiliki kemampuan untuk memanjang, atau dengan kata lain, otot kehilangan kemampuan fleksibilitasnya.

Pada tahap selanjutnya, otot yang bengkak akan membuat pergerakan terganggu. Kondisi tersebut membuat badan terasa tidak nyaman dan aktivitas menjadi tidak maksimal.

Olehnya itu, Tyo menyarankan agar orang yang merasa tubuhnya kaku setelah bangun tidur untuk melakukan stretching. Hal ini untuk Stretching membuat otot kembali memanjang dan mengembalikan fungsi fleksibilitasnya.

“Stretching aja. Jadi otot yang tadi mengerut kembali normal. Otot lebih elastis dan tidak terasa kaku sehingga bergerak juga lebih nyaman,” tutur dr Tyo.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.