Manfaat Kulit Kacang Buat Karang Gigi

kacang

Illustrasi biji kacang

Makassar, LiputanLIMA.com – Karang gigi, selain bisa menyebabkan gigi cepat copot, juga membuat penampilan jadi tidak menarik. Radang gusi yang dikenal dengan istilah medis gingivitis dapat diatasi dengan perawatan gigi dan mulut.

Salah satu cara untuk menghindari penyakit mengganggu ini adalah dengan menyikat gigi untuk mencegah terjadinya penumpukan karang gigi.

Atau mengunjungi dokter gigi merupakan cara yang terbaik. Meski melakukan perawatan melalui dokter gigi membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun, ada cara yang lebih efektif tanpa harus merogoh isi kantong. Ternyata, kulit kacang dan air sangat berguna untuk menghilangkan plak atau karang gigi.

Cukup sederhana, hanya menggunakan 40 gram kulit kacang dan 1 cangkir air putih. Setelah mengumpulkan bahan tersebut, masukkan kulit kacang ke dalam wadah bersama air putih kemudian rebus campuran tersebut sekitar 20 menit. Setelahnya, dinginkan dan saring campuran kulit kacang dan air tersebut.

Setelah disaring, rendam sikat gigi ke dalam cairan yang telah disaring beberapa saat. Setelah direndam, gunakan langsung sikat gigi tersebut dan mulai menyikat gigi selama lima menit dengan lembut.

Untuk menghindari plak atau karang gigi, ulangi cara ini tiga kali sehari selama satu hingga dua minggu. Dalam jangka waktu tersebut, karang gigi akan memudar dan bahkan menghilang, dilansir dari Republika.co.id.

(*/Suryani Musi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.