Pantai Di Kabupaten Bone Hanya Jadi Tempat Sampah

_MG_4366

Suasana Pantai Bone Lampe ketika sunrise, mencari keindahan di tengah sampah yang bertebaran

Bone, LiputanLIMA.com – Provinsi Sulawesi Selatan, merupakan provinsi di mana hampir di setiap daerah kabupatennya diapit oleh lautan, sehingga mampu menciptakan pantai sebagai  salah satu wisata favorit kebanyakan masyarakat di Sulawesi selatan.

Di kabupaten Bone misalnya, daerah ini terdapat beberapa pantai yang dijadikan wisata pavorit oleh masyarakatnya. Sebut saja di antaranya adalah pantai Tanjung Pallette di kota Watampone, pantai Pasir Putih Tete, dan pantai Bone Lampe di kecamatan Tonra.

Tak hanya penduduk asli Bone yang ke sana, bahkan kerap pula disambangi oleh pelancong dari kabupaten tetangga bila akhir pekan tiba.

Ironisnya, pantai Bone Lampe yang terletak di desa Bulu-bulu kecamatan Tonra, hanya sekadar dijadikan tempat pembuangan limbah sampah oleh masyarakat setempat.

_MG_4448

Pantai Bone Lampe yang terletak di desa Bulu-bulu kecamatan Tonra, hanya sekadar dijadikan tempat pembuangan limbah sampah oleh masyarakat setempat.

Berdasarkan pantauan LiputanLIMA.com di lokasi, mendapati beberapa penduduk yang bermukim di area pantai membuang sampah begitu saja di pinggir pantai.

Salah satu tokoh masyarakat setempat yang ditemui oleh penulis, mengaku, bahwa minimnya kesadaran penduduk pesisir terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan adalah faktor utamanya hingga pantai tersebut jadi tempat pembuangan sampah.

“Karena belum adanya kesadaran akan pentingnya kebersihan” singkat Sumardi Beddu Solo yang bermukim di dekat pantai, Ahad (06/03/2016).

Pantai Bone Lampe sendiri berdekatan dengan Pantai Tete dan sama berada di kecamatan Tonra, berjarak sekitar 60 KM dari ibu kota kabupaten Bone Sulawesi Selatan, sebetulnya sangat berpotensi untuk memanjakan mata para wisatawan seandainya saja sampah-sampah tersebut tidak mengganggu pemandangan.

(Ilham/Suryani Musi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.