Panasonic dan Toshiba Tutup, 2.500 Pegawai Dirumahkan

smeaker

Makassar, Liputanlima.com — Setelah perusahaan mobil Ford, PT Panasonic Lighting di Cikarang, Jawa Barat, dan Pasuruan, Jawa Timur, serta pabrik PT Toshiba Indonesia di Cikarang dikabarkan juga akan segera tutup. Hal ini membuat gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akan meningkat di awal tahun 2016.

“Sekitar 2.500 pekerja akan di-PHK,” ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam konferensi pers di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta, Selasa (2/1/2016), seperti dikutip dari kompas.com.

Ribuan pekerja itu terdiri dari sekitar 1.700 anggota KSPI di PT Panasonic dan selebihnya anggota KSPI di PT Toshiba.

Alasan penutupan ini sendiri karena pabrik PT Panasonic Lighting yang memproduksi bohlam lampu kalah bersaing dengan produk impor China. Makanya, Panasonic akan mengubah tren dengan membuat lampu light emitting diode (LED).

Dilain sisi lesunya industri ehlektronik seperti ini juga dipengaruhi kondisi pasar yang tidak kondusif. Melambatnya pasar global turut memengaruhi pasar domestik. Perlambatan ini mengakibatkan barang produksi menjadi tidak laku di pasaran. Daya beli masyarakat yang menurun juga menjadi penyebab lainnya.(*/man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.