Sejumlah Negara Beri Peringatan Korut Jika Luncurkan Satelit Luar Angkasa

roket_korea

Liputanlima.com-Sejumlah negara memberi peringatan keras kepada Korea Utara jika meluncurkan satelitnya ke luar angkasa.

Peluncuran tersebut akan dilaksanakan antara 8 sampai 25 Februari, meski ditentang oleh PBB dan juga sejumlah negara.

Sekalipun demikian, Korut selalu menyatakan bahwa ruang angkasa tersebut tidak mengancam, namun ada beberapa kritikus yang meyakini bahwa proyek luar angkasa tersebut adalah pengembangan rudal balistik antarbenua seperti yang dilansir dari BBC.com.

Bahkan Jepang akan menembak jatuh rudal tersebut jika jatuh di wilayahnya.

Cho Tae Yang, seorang pejabat senior kepresidenan Korea Selatan menganggap bahwa rencana peluncuran satelit tersebut adalah tantangan langsung terhadap masyarakat internasional.

“Kami memperingatkan bahwa jika Korea Utara melanjutkan peluncuran rudal jarak jauh, masyarakat internasional akan memastikan bahwa Korea Utara akan membayar konsekuensi tersebut.”

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengatakan rencana peluncuran adalah “provokasi serius”. Sementara kementerian luar negeri Rusia mengatakan Pyongyang menunjukkan “sebuah pengabaian norma-norma yang diakui secara universal hukum internasional”.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang mengatakan: “` Kami berharap semua pihak menahan diri dan … menghindari langkah yang dapat meningkatkan ketegangan di Korea. ”
Meski China sebetulnya adalah mitra dagang terbesar Pyongyang dan satu-satunya sekutu. (*/Anhy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.