Senior Isis Telah Pindah Ke Libya

isis

sumber gambar, BBC.com

Libya, Liputanlima.com-Beberapa pimpinan dari kelompok yang menyebut dirinya Negara Islam atau ISIS telah berpindah tempat, dari Irak dan Suriah ke Libya.

Pejabat intelejen Libya menyatakan bahwa para petinggi ISIS kini berada di kota Sirte, kampung mantan halaman Muammar Gaddafi.

“Jumlah orang asing ini mencapai 70%. Sebagian besar dari mereka berasal dari Tunisia, Mesir, Sudan dan Aljazair,” ujar pejabat intelejen kota Misrata, Ismail Shukri dikutip dari BBC.com.

Menurut Sukri, Libya adalah tempat perlindungan yang aman. Lantaran karena kota tersebut telah dikuasai oleh ISIS tahun lalu, juga karena di Sirte ISIS juga mendapat dukungan loyalis Gaddafi.

Kedatangan mereka diklaim oleh pemerintah Misrata sebagai upaya persiapan untuk serangan ke basis ISIS di Sirte.
Salah seorang komandan di Batalion 166, Mohammed al-Bayoudi mengungkapkan, tanpa bantuan internasional, mereka tidak akan bisa mengalahkan ISIS.

“Kami sangat menanti dukungan dari Nato. Namun, serangan udara saja tidak akan bisa mengalahkan ISIS. Apa yang dibutuhkan tentara kami adalah dukungan logistik,” ujar Mohammed.

Sementara dukungan internasional dari 23 negara termasuk Inggris dan Amerika Serikat telah mengadakan pertemuan di Roma (2/2/2016) lalu, guna membahas ancaman ISIS di Libya. (*/Anhy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.