Ini Instruksi Wagub Sulsel Mengenai Kasus DBD

Agus-Arifin-Numang

Makassar, LiputanLIMA.com – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu’mang melakukan kunjungan terhadap pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di Rumah Sakit Sayang Rakyat, Kamis (2/4/2016). Hal ini menyusul ditetapkannya Sulsel sebagai satu dari tujuh provinsi dengan Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD.

Agus didampingi langsung kepala Dinas Kesehatan Sulsel Dr dr Rachmat Latief dan Kepala Pelayanan Medik Dr Theresia memasuki semua ruangan perawatan yang dihuni pasien penderita DBD.

Dalam kunjugannya itu, Agus meminta kepada pengelola Rumah Sakit untuk menjaga kebersihan rumah sakit. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk salalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Dimusim hujan, jangan sampai orang sakit justru tambah sakit,” kata Agus.

Guna mengantisipasi meningkatnya jumlah penderita DBD, Agus juga meminta kepala Dinas Kesehatan agar melakukan pendataan tempat tinggal atau domisili para penderita penyakit DBD. Hal ini dimaksud untuk memudahkan petugas melakukan antisipasi dilapangan.

Tercatat sekitar 421 penderita DBD yang dirawat tersebar di beberapa Rumah Sakit yang ada di Sulawesi Selatan. Sementara pasien penderita DBD yang dirawat di Rumah Sakit Sayang Rakyat terhitung Desember 2015 hingga awal Februari 2016 tercatat 35 orang pasien. Pasien didominasi oleh anak-anak.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menetapkan tujuh provinsi di Indonesia sebagai daerah KLB deman berdarah. Selain Sulsel, provinsi lain yakni Gorontalo, Papua Barat, Bali, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Banten. (ahmad/man).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.