Eks Teroris Poso Sempat Diamankan Polres Pelabuhan

Antonius Sumarno alias Toni Sumarno, mantan komplotan teroris Santoso di Poso yang diamankan pihak Kepolisian Makassar.

Makassar, LiputanLIMA.com – Antonius Sumarno alias Toni Sumarno, mantan komplotan teroris Santoso di Poso, Sulawesi Tengah, yang diamankan di Polres Pelabuhan, Makassar, Rabu (10/2/2016) sekira pukul 12.30 WITA akhirnya dibebaskan hari itu juga.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Frans Barung Mangera menjelaskan kalau pembebasan eks teroris pimpinan Santoso itu karena tidak ada indikasi kedatangannya berkaitan dengan kegiatan terorisme.

“Setelah diperiksa tidak ditemukan inidkasi teror padanya, makanya kami melepaskannya,” kata dia kepada LiputanLIMA.com.

Sebelumnya, Antonius Sumarno diamankan oleh Sat Intelkam Polres Pelabuhan Makassar di Travel Melati Indah jalan Nusantara. Dia berada di Makassar sejak Sabtu (6/2/2016) dan akan melanjutkan perjalanan ke Nabire pada Minggu (14/2/2016).

Antonius pernah tinggal di Poso Sulawesi Tengah pada 1980, sebagai transmigran. Antonius awalnya ikut jamaah tabliq lawanga bersama orang tuanya tahun 2004. Ia diajak oleh Arsad untuk bergabung dalam laskar Mujahidin Poso.

Karena tak sanggup lagi, ia pun memutuskan meninggalkan Poso dan keluar dari jaringan laskar tersebut dengan alasan keamanan dirinya dan keluarga.

Sejumlah aksi pernah ia lakukan. Seperti menjadi eksekutor Santoso dengan pemalakan mobil box pada tahun 2004. Menembak supir dan berhasil membawa kabur uang tunai sebesar Rp 28 juta. Ia juga pernah terlibat dalam perencanaan bom selama 5 bulan.(IW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.