Percepat Pembangunan, Kemdes Akan Luncurkan Peta Desa

Jakarta, LiputanLIMA.com – Guna mempercepat proses pembangunan desa dan kawasan pedesaan di Indonesia, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemdes) melakukan pemetaan di 5.000 desa tertinggal.

Tak hanya itu saja, pemetaan 2000 desa mandiri juga akan dipercepat. Untuk percepatan ini, Kemdes sudah bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) dan segera melakukan peluncuran peta desa se-Indonesia. Rencananya, peluncuran tersebut akan dilakukan besok, Selasa 16 Februari 2016.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, mengatakan, pemetaan ini dimaksud agar daerah tertinggal bisa terpantau maksimal. Terlebih sasaran pembangunan memang fokus pada pengurangan jumlah desa tertinggal.

“Peningkatan jumlah desa mandiri yang kita target sekitar 2.000 desa. Karena itu, kita lakukan percepatan penyediaan peta desa se-Indonesia,” kata Marwan seperti dilansir dalam website Kemdes, Senin (15/2/2016)

Marwan menambahkan, penyesuaian informasi geospasial guna percepatan penyusunan peta desa dan pembangunan kawasan pedesaan merupakan bagian dari sistem informasi desa sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) 2015-2019.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.