Waspada.!!! Sulsel Diancam Banjir dan Longsor

Peta prakiraan curah hujan Februari 2016 BMKG Indonesia

Jakarta, LiputanLIMA.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan puncak musim hujan terjadi bulan Februari. Hal ini dipengaruhi oleh fenomena El Nino.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan, fenomena tersebut membuat hujan selama Januari lebih rendah dengan sebaran tidak merata.

“Intensitas hujan pada bulan Februari tinggi hingga sangat tinggi,” beber Sutopo melalui keterangan tertulisnya, seperti dikutip detik.com

Hal ini membuat beberapa daerah di Indonesia berpeluang hujan dengan intensitas tinggi, termasuk Sulsel. Dengan kondisi seperti itu, ancaman banjir, longsor dan puting beliung berpotensi tinggi melanda Sulsel.

Lebih jauh, Sutopo menjelaskan kalau data sejarah kebencanaan di Indonesia, 96 persen bencana adalah bencana hidrometerorologi yaitu bencana yang disebabkan pengaruh cuaca seperti banjir, longsor, puting beliung, cuaca ekstrem, kekeringan, serta kebakaran hutan dan lahan.

BNPB mencatat, sudah ada 122 kejadian banjir di 23 provinsi yang terjadi dalam kurun 1 Januari hingga 12 Februari 2016. Sementara tanah longsor terjadi 65 kali di 12 provinsi.

Dari dua bencana ini, 43 orang meninggal dunia, tidak kurang dari 900 ribu jiwa mengungsi dan puluhan rumah rusak parah.(*)

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.