SYL Janji Bantu Pembangunan Bendungan Boya

 

tum (1)

Sidrap, LiputanLIMA.com – Guna membantu penyelesaian pembangunan bendungan Boya di Desa Betao Riawa Kecamatan Pitu Riawa, Sidenreng Rappang (Sidrap), Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo berjanji akan menambahkan bendungan tersebut dalam perencanaan provinsi.

Hal tersebut kata Syahrul, dinilai penting, sebab akan membantu rakyat. Terlebih, dalam pembangunan bendungan ini hanya akan menggunakan anggaran sebesar Rp1 hingga 2 triliun. Sementara, hasilnya bisa mencapai Rp10 triliun.

“Ini untuk kepentingan rakyat,” kata Syahrul, saat menghadiri pada perayaan hari jadi kabupaten Sidrap ke 676, Kamis (18/2/2016).

Nantinya, bendungan ini akan memberikan Keuntungan penciptaan perluasan areal irigasi ±5000 Ha, pengendalian banjir kota Tanru Tedong, menormalkan sumber air untuk daerah irigasi Bulucenrana 4.320 Ha, menormalkan sumber air untuk daerah irigasi Timoreng 4.701 Ha.

Bendungan ini, juga disebut akan menormalkan sumber air untuk daerah irigasi Bila 4.055 Ha, sekaligus menjadi sumber air minum untuk Kabupaten Sidrap, Pare-Pare dan Enrekang, Sumber Energi Listrik, dan pengembangan budidaya perikanan.

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Sidrap, Rusdi Masse meminta agar memasukkan pembangunan bendungan Boya tersebut dalam rencana proyek provinsi secara teknis.

“Prosesnya telah dikerjakan dengan dukungan penuh Kementrian PU dan Perumahan Rakyat,” pintanya.

Dalam kesempatan yang sama, SYL juga meresmikan empat proyek infrastruktur yakni, Sirkuit puncak mario Sidrap, Bendung Anabannae, Puskesmas Amparita, serta SMK Negeri 1 Pituriawa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.