Perhatian..!!! Mulai Besok, Belanja Bawa Kantongan dari Rumah

Int

Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membuat kebijakan plastik berbayar yang akan diluncurkan di 17 kota di Indonesia, Minggu (21/2/2016) besok.

Tak tanggung tanggung, Wakil Presiden HM Jusuf Kalla dijadwalkan akan menghadiri peluncuran plastik berbayar di Lapangan Karebosi Makassar yang dirangkaikan dengan Hari Peduli Sampah.

“Iya, Rencananya Makassar akan dihadiri Wapres Jusuf Kalla di tribun Lapangan Karebosi,” ucap Kadis Kebersihan, Pemakaman dan Pertamanan Kota Makassar, Jumat (19/2/2016).

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan dari Surat Edaran Kementrian Lingkungan Hidup nomor : SE-06/PSLB3-PS/2015, tentang Antisipasi Penerapan Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Pada Usaha Retail Modern mulai 21 Februari hingga 5 Juni 2016 mendatang.

Nantinya, setiap masyarakat yang akan  berbelanja di tempat usaha retail modern, dianjurkan untuk membawa kantongan dari rumah.

Regulasi ini dimaksudkan untuk menekan penggunaan kantongan plastik, karena butuh puluhan tahun untuk terurai. Termasuk diatur dalam SE tersebut tentang keharusan bagi pengelola retail untuk memberlakukan penjualan kantong plastik bagi para konsumen.

Penetapan harga kantongan plastik yakni seharga minimal Rp. 200 perlembar. Harga tersebut diperkirakan akan berbeda setiap kota. Jadi, siapkan kantongan dari rumah.! (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.