Pak Kades, Siap-siap..!!! BPKP Bikin Sistem Khusus Kelola Dana Desa

images (10)

Makassar, LiputanLIMA.com – Kepala perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel, Didik Kristanto, mengaku akan melakukan pengawasan ketat terhadap pengelolaan dana desa, karena dinilai masih rawan penyelewangan.

Hal ini diungkapkan Didik setelah dikukuhkan sebagai kepala perwakilan BPKP Sulsel oleh Gubernur Syahrul Yasin Limpo, di ruang pola kantor gubernur, Senin (22/2/2012).

Didik Kristianto mengatakan, BPKP, Kemedagri, Kementerian Desa akan melakukan kerja sama mengatasi pengelolaan dana desa. Termasuk pengelolaan sumber daya manusia.

“Pengelolaan dana desa inikan masih terlalu berat untuk tingkat desa, BPKP membuat sistem menejemen informasi khusus untuk pengelolaan keuangan daerah, supaya mempermudah, mulai dari perencanaannya pelaksanaan maupun penata usahanya nanti agar memungkinkan kawan-kawan di desa itu mengelola dana,” ujarnya kapada awak media.

Nantinya, kata Didik, untuk pengelolaan dana desa akan seperti sistem pengelolaan dana provinsi dan kabupaten. Menggunakan peraturan-peraturan yang ada.

“Itu sudah mudah, dan tentunya dalam bentuk aplikasi, nanti kita latih beberapa hari. Jadi harapan saya untuk semua desa di Sulsel ini bisa akses. Itupun tergantung komitmen pemerintah,” harapnya.

(Junaiddin/luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.