Kasus Keracunan Bukan Karena Pallubasa, Ini Dia Penyebabnya

pallu

Korban keracunan, sumber gambar: liputan6.com

Makassar,LiputanLima.com- Dua anak dari pasangan suami istri, Herianto dan Megawati meninggal diduga keracunan bukan karena faktor makan Pallubasa. Keduanya anak yang meninggal tersebut adalah Abi Sarwan dan adiknya Muhammad Danis.

Berdasarkan hasil pemeriksaan di UGD rumah sakit Wisata Universitas Indonesia Timur, ditemukan gejala klinis tidak menunjukkan adanya tanda keracunan makanan. Hal tersebut diungkapkan oleh dokter Andi Indra Gunawan di gedung Kejati, kemari Selasa (23/2/2016).

Indikasinya, ada kemungkinan satu keluarga tersebut keracunan lantaran menghirup udara karbon dioksida.

“Sekitar jam dua malam mati lampu di rumah pasien. Jam empat subuh, Heriyanto bangun untuk menjalankan genset di dalam rumah dalam kondisi pintu rumah tertutup,” ungkap Indra spesialis Anestesi Rumah Sakit Universitas indonesia Timur ini.

Di rumah korban, genset menyala dalam keadaan tertutup. Semua udara hanya berputar dalam ruangan dan tidak ada sirkulasi udara dari luar.

“Ditambah lagi di belakang rumah pasien itu ada mesin ac yang eksternalnya itu masih di dalam ruangan dapur dan mestinya itu ditempatkan di udara terbuka,” tambah Indra Gunawan.

Setelah diperiksa, Indra Gunawan minta pasiennya di UGD  dibawa ke ruang ICU untuk dimonitor lebih jauh.

“Kami, tidak menjalankan protokol penangan untuk kasus keracunan. Sekitar jam 12 malam setelah kondisi ibu Megawati membaik, baru kita wawancara lebih jauh ke keluarga pasien,” pungkasnya lagi.

Kondisi suami Megawati sekarang ini sudah agak mendingan, yang sebelumnya ia lemas dengan tangan lumpuh.

“ Kemarin malam itu,  sudah sudah ada perkembangan. Jempol kirinya sudah mulai bergerak. Sekarang relatif stabil. Meski belum bisa kita bilang sudah agak baikan,” tegas Indra Gunawan.

(Saefullah/ Suryani Musi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.