Korupsi Pasar Parepare, Kejati Sulselbar Periksa Mantan Walikota

 

_MG_3137

Wakil Walikota Parepare, Sjamsul Alam menghadiri panggilan kejaksaan tinggi Sulselbar terkait kasus korupsi pasar sentral Parepare, Rabu (24/2/2016).

Makassar, liputanLIMA.com – Mantan Walikota Parepare Sjamsul Alam memenuhi panggilan Tim Penyidik Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar, Rabu (24/2/2016). Dirinya diperiksa sebagai saksi kasus dugaan Pungli dan korupsi pembangunan Pasar Sentral Lakessi Parepare senilai Rp1,67 miliar di tahun 2012.

“Saya sudah serahkan semua data-datanya ke penyidik. Silahkan tanyakan ke mereka,” kata Sjamsul usai diperiksa sekira pukul 12.54 WITA.

Selain Sjamsul, mantan Kepala Bagian Keuangan Pemkot Parepare Anwar Thalib juga ikut diperiksa jaksa. Hanya saja, Anwar enggan memberikan komentar kepada awak media usai diperiksa jaksa.

Sejak kasus ini beralih ke tahap penyidikan, sejauh ini belum ada tersangka yang ditetapkan. Namun kejaksaan sudah memeriksa sejumlah pejabat Parepare sebagai saksi. Mereka adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Mustafa Mappangara, Kepala Bagian Keuangan, Jamaluddin Achmad, mantan Plt Sekda Amir Lolo, dan Wakil Walikota Parepare saat ini, Faisal Andi Sapada.

Kasus ini mencuat setelah calon pedagang menggugat Pemkot Parepare karena tak mendapatkan los meski sudah membayar Rp1 juta.

Hasil audit BPK juga menemukan transaksi mencurigakan. Uang pedagang sempat dicairkan dengan peruntukan yang tak jelas meski telah dilakukan pengembalian oleh Faisal Andi Sapada. Hal ini terlihat dalam hasil audit BPK tahun 2014, ada transkasi Rp485 juta tanpa regulasi yang sesuai di akhir tahun 2012.

(Junaiddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.