Percepat Pembangunan, Dana Desa Akan Cair Dua Tahap

dana-desa-_151105203123-728

Ilustrasi

Jakarta, LiputanLIMA.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar menyebutkan dana desa akan disalurkan dalam dua tahap. Tahap pertama dimulai pada Maret dengan estimasi 60 persen atau sekitar Rp28,2 triliun.

Sedangkan sisanya akan dialirkan pada bulan Agustus. Ini berarti pemerintah memperpendek tahapan pencairan, dari tiga kali menjadi dua kali setahun. Langkah ini, kata Marwan, dilakukan agar memudahkan masyarakat untuk membuat perencanaan, pelaksanaan, maupun pelaporan program.

“Kalau tiga tahap kayak kemarin, banyak desa yang kesulitan. Kebijakan ini sebagai pembenahan dari tahun lalu,” kata dia dalam sebuah pertemuan di Jakarta.

Tokoh asal Pati, Jawa Tengah ini juga mengingatkan agar penggunaan dana desa diutamakan untuk membangun infastruktur, seperti jalan desa yang rusak, irigasi, termasuk fasilitas-fasilitas untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti sumur bersama, dan penampungan air.

Lebih jauh, Marwan menjelaskan kalau program infrastruktur yang menggunakan dana desa harus padat karya. Pekerjanya harus dari masyarakat desa setempat, termasuk bahan bakunya.

Marwan menegaskan program infrastruktur desa tidak boleh dikontraktualkan atau dikerjakan pihak ketiga. Tujuaannya agar dana desa bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat baik dalam jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang.

Kebijakan pencairan dana desa dalam dua tahap ini sendiri akan diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan yang sudah dalam proses finalisasi.

(Iwa/Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.