Mau Kuliah Gratis Kedokteran UIN? Ini Syaratnya

550073_2826383468622_1113968175_n

Ilustrasi mahasiswa kedokteran | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Prodi baru program pendidikan dokter (Pedok) di Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar lounching satu minggu lalu telah membuka pendaftaran kelas awal, namanya jalur Afirmasi.

Ketua jurusan periode awal Pedok mengatakan jalur afirmasi adalah keberpihakan kepada daerah, tidak jauh beda dengan yang disebut dengan jalur undangan, hanya saja dijalur afirmasi yang diprioritas anak dari daerah.

“Jadi sekarang kita sudah membuka pendaftaran gelombang pertama, namanya pendaftaran kerjasama dengan daerah kabupaten, di sini ada tiga kategori, jalur afirmasi Geografis, jalur afirmasi agama dan jalur afirmasi ekonomi,” kata Rosdiana.

Ibu dokter alumnus Unhas lanjut bahwa jalur afirmasi giografis adalah keberpihakan kepada daerah yang punya putra putri terbaik di daerah atau prestasi juara unggulan di kelas satu sampai Lima.

Jalur afirmasi agama orang yang punya latar belakang pendidikan agama, utamanya dari pesantren dan jalur afirmasi ekonomi kaum duafa seperti orang ingin sekali lanjut kuliah, tidak bisa secara ekonomi.

Sedangkan jumlah mahasiswa yang mau diterima sedikitnya sekira 50 orang, karena menurut Rosdiana bahwa sudah ada instruksi ketentuan dari kemristek kalau semua jurusan kedokteran harus dibatasi ditahun pertama.

“Pendaftar sudah ada dari Sumbawa, Kendari dan sementara dalam proses dari Singkang, Polman, Pinrang, Toraja Utara serta Selayar. Jadi memang kita prioritaskan daerah dan yang ada di kepulauan,” ujar mantan kepala Poliklinik UIN Alauddin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.