Supratman Dapat Somasi Danny Pomanto, Nasdem: Tak Perlu Minta Maaf

Jhody Pamatan

Makassar, LiputanLIMA.com- Pernyataan anggota DPRD Makassar Supratman dari partai Nasdem soal pete-pete smart Danny Pomanto, berbuntut panjang. Diketahui, beberapa hari lalu Danny mengendarai Pete pete smart mendaftar sebagai Calon Walikota ke parta PAN. Supra menilai tidak selayaknya Pete-pete smart tersebut dipakai Danny untuk kepentingan pribadi karena dibiayai APBD Makassar. Danny kemudian membantah bahwa pengadaannya menggunakan APBD, namun dari kocek pribadi. Danny kemudian melayangkan somasi dan menuntut Supra minta maaf.

DPW Partai Nasdem melalui bidang hukumnya menilai kritik Supratman dalam kapasitasnya anggota legislatif adalah sesuatu wajar karna dalam menjalankan fungsi Pengawasan anggota dewan berhak memberikan tanggapan kepada kinerja eksekutif.

“Legislator mempunyai tiga fungsi yaitu fungsi pengawasan,fungsi budgeting dan fungsi legislasi atau pembuat undang undang. Dalam hal ini Apa yang di sampaikan oleh Supra adalah sudah sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota DPRD dengan fungsi pengawasan yg di tujukan kepada walikota Makassar sebagai eksekutif,” jelas Jhody Pamatan, Anggota Bidang Hukum DPW Nasdem Sulsel), Sabtu (6/5/2017) di Makassar.

Atas pendapat tersebut, menurut Jhody maka Supra tidak perlu meminta maaf kepada Danny Pomanto. “Ucapan dan tindakan yg di lakukan oleh anggota DPRD dari Nasdem tidak memenuhi unsur pidana atau fitnah apalagi di sebut pencemaran nama baik.”katanya.

Jhody juga memaparkan bahwa anggota dewan dalam memberikan hak pengawasannya di jamin dengan UU MD3 pasal 224 : ayat 1-5 dan UUD 1945 pasal 20a:ayat 3. “Untuk hal tersebut seharusnya Walikota Makassar memberikan hak jawabnya saja atau tanggapan tentang kondisi ini. Karena ucapan Supra dalam media online tidak memenuhi unsur pidana karena beliau adalah anggota dewan aktif yang mempunyai hak Imunitas atau kekebalan hukum,”tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.