Cegah Politik Uang, KPK Siap Bantu di Munaslub Golkar

Makassar, LiputanLIMA.com – Menjelang Munaslub Golkar, selain pembicaraan calon-calon ketua umum, isu politik uang pun santer dimana-mana dibicarakan oleh para kader partai berlambang pohon beringin itu. Salah satu Kader Muda Partai Golkar, Meutya Hafid, menegaskan mayoritas kader Golkar menghendaki agar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar berlangsung transparan, bersih, tidak transaksional dengan permainan politik uang.

Ikut angkat bicara pengamat Komunikasi Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta, Harmonis mengatakan isu politik uang yang menghantam Golkar jelang Munaslub, justru dapat menjadi momen untuk mengubah opini publik ke Golkar. Menurutnya jika Golkar dapat membuktikan tidak ada grafikasi dan politik uang maka menaikkan nama Golkar di mata publik.

Untuk mengantisipasi isu-isu tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan siap membantu mengawasi penyelenggaraan Munaslub Partai Golkar. Apresiasi KPK ini pun mendapatkan respon positif dari Anggota Tim Transisi Golkar Agung Laksono mengaku mengapresiasi hal tersebut, guna menjamin pelaksanaan pemilihan ketua umum Golkar tanpa praktik menyimpang.

Mengomentari hal tersebut, Ketua DPR RI Ade Komarudin alias Akom mempertanyakan apakah Munaslub masuk dalam ranah KPK untuk melakukan penyelidikan. Akom menyikapi dugaan KPK mengenai politik uang jelang munaslub ini secara diplomatis. Menurut politisi Partai Golkar tersebut, dalam berpolitik semuanya harus bisa dipertanggung jawabkan.

“Politik harus juga accountable (bisa dipertanggungjawabkan), tidak boleh proses politik dilakukan dengan persekongkolan jahat, kan enggak boleh,” katanya.

Dalam hal ini, Akom sebagai kader Partai Golkar tidak berani menjamin apakah dugaan itu bisa diminimalisir nantinya. “Dalam politik tidak ada yang bisa menjamin. Tetapi saya kira semua pihak harus ingat bahwa proses politik harus accountable,” Tambahnya. (Irfan Wahab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.